Toyota-Subaru Jajal Prototipe Hybrid

Untuk memenuhi komitmennya bahwa pada 2020 kelak semua mobil Toyota sudah berstatus hybrid, kini Toyota Motor Corp. (TMC) gencar mengembangkan teknologi hijau itu. Setelah sukses dengan tiga generasi Prius, Camry dan Highlander (SUV), kini pabrikan mobil terbesar di dunia itu tengah menyiapkan versi sportnya.Kabar itu berkembang setelah adanya pernyataan Masatami Takimoto. Executive Vice President TMC itu mengatakan bahwa perusahaannya sedang mengerjakan mobil kecil dua pintu berteknologi hibrida untuk pasar Eropa.

Media Perancis, L'Automobile Magazine memberitakan mobil tersebut merupakan kolaborasi Toyota dan Subaru. Kedua produsen ini bekerja sama membangun RWD (rear wheel drive) sports car. Dalam prosesnya nanti, Subaru akan menangani segi desain, sementara Toyota di bagian dapur pacu. Ini berarti, mobil tersebut berwajah Subaru, sedangkan di dalamnya berdetak “jantung” mesin boxer empat silinder bertenaga 220 hp, yang dilengkapi sistem turbocharger.

Rencananya, sedan itu diluncurkan sekitar 2011 dalam dua versi. Andaikata Subaru akan memunculkannya dengan nama baru, Toyota mungkin akan menyandang nama yang familiar, yang diduga-duga Celica. Terakhir, Celica diproduksi pada 2006.

Toyota memang ingin menonjol sebagai produsen kendaraan teknologi hibrida. Tak heran, sejauh ini, produsen itu sudah meng-hibrida-kan kelas sedan, hatchback (Prius), serta SUV. Ini tentu sesuai janji mereka bahwa tahun 2020, semua Toyota sudah berstatus hybrid car.

Comments :

0 komentar to “Toyota-Subaru Jajal Prototipe Hybrid”

Posting Komentar

 

Followers